Rabu, 26 Juni 2013

Bacaan ku: "Catatan Sultan Abdul Hamid II"

Ga lengkap rasanya kalau baca buku tapi ga baca pengantar dari penulisnya. Dan kurang lengkap juga kalau baca buku tapi ga menuliskan kembali apa saja yang sudah dibaca, yah minimal kesan yang didapat dari buku itu.

Saat ini aku sedang baca buku berjudul "Catatan Sultan Abdul Hamid II", buku yang ditulis oleh ustadz Muhammad Harb ini banyak dijadikan rujukan oleh sekelompok pakar di Turki, mulai dari penulis besar, para pemikir Islam, juga para pakar sejarah non Turki.

Beberapa poin pengantar dari penulis, diantaranya:
~ Buku ini berisi biografi politisi Utsmani di sekitar Sultan, mulai dari orang terdekat Sultan yang mengetahui segala rencana beliau, hingga pesaing atau orang-orang yang sangat menentang Sultan.
~ Buku ini tuh kelihatan banget kesungguhan perbaikan atas kesalahan cetakan-cetakan sebelumnya. Ini bisa kita lihat dari penambahan rujukan dan sumber-sumber peristiwa (yang tidak ada di edisi-edisi sebelumnya), pengurutan halaman Biografi, Judul-judul... sehingga memudahkan kita membacanya.
~ Buku ini juga memuat perbandingan Biografi Sultan dengan para aktivis revolusi Islam dalam berbagai perkara, terutama dalam perkara-perkara yang membingungkan.
~ dst... :-)

eh, mau sharing sedikit nih.. sore tadi aku juga baca buku lagi di gramed. Sampai di satu paragraf yang menuliskan kisah sakitnya Rasulullah saw menjelang ajal, hmm.. entah mengapa aku terharu sekali, sampai mata ku berkaca-kaca, hidung ikutan meler-meler.. padahal aku sudah pernah baca kisah itu. Mungkin akunya aja kali ya yang lagi melow..

aku jadi bingung sendiri, apa akunya yang lg melow, atau penulisnya yang cerdas mengaduk-aduk perasaan orang yang membaca buku itu.. I don't know, and I dont want to know more.. :p


Yup, back to the Sultan... mari kita lanjutkan baca biografi khalifah terakhir umat Islam ini, baybay :D

Tidak ada komentar: